08 October 2016

Segala Hal Tentang Tizen OS

Tags

Nama besar Android makin hari makin banyak digunakan sebagai sistem operasi dalam ponsel pintar masa kini. Bahkan selain digunakan sebagai sistem operasi smartphone, banyak juga peralatan elektronik lainnya yang menggunakan sistem operasi dengan logo robot hijau ini.

Tak ingin ketinggalan dalam hal pengembangan sistem operasi, Samsung yang merupakan pabrikan ponsel terbesar saat ini mempunyai sistem operasi yang ia kembangkan sendiri yakni Tizen OS. Terus apa bedanya Tizen dengan Android?, sebelum melihat perbedaan dari sistem operasi ini, ada baiknya saya jelaskan sedikit mengenai sistem operasi besutan Samsung tersebut.

Tizen OS ialah sistem operasi yang dapat diterapkan pada berbagai perangkat elektronik, mulai dari smartphone, televisi, bahkan kamera. Sistem operasi ini dikembangkan oleh Samsung sejak tahun 2013, dan saat ini sudah ada beberapa smartphone Samsung yang sudah menggunakan sistem operasi ini. O iya ciri-ciri smartphone Samsung yang menggunakan OS Tizen adalah selalu diawali dengan huruf "Z" disetiap tipenya, contoh nih Samsung Z3.

Bersumber dari oketekno.com sistem operasi Tizen pada awalnya adalah MeeGo yang dikembangkan oleh Intel dan Nokia. Bahkan dahulu sempat muncul salah satu smartphone Nokia yang menggunaan MeeGo OS. Namun, karena Nokia memutuskan untuk lebih fokus mengembangkan sistem operasi Windows Phone, pada akhirnya sistem operasi MeeGo tersebut kian ditinggalkan. Dan saat ini justru diganti nama menjadi Tizen dan dikembangkan oleh Samsung.

Meskipun Tizen adalah sistem operasi buatan sendiri, nampaknya Samsung masih lebih menomor satukan sistem operasi Android yang digunakan diberbagai smartphonenya. Buktinya meskipun sudah berdiri sendiri sebagai sistem operasi, Tizen memiliki kemampuan untuk menginstal aplikasi Android ke dalam smartphonenya. Mungkin Samsung ingin menyamai Apple ya?, mulai dari smartphone dan sistem operasinya hingga aplikasinya merupakan milik Apple sendiri.

O iya berikut ini adalah gambar tampilan dari Tizen OS versi 2.2 beta yang saya dapatkan dari wikipedia.org.

Segala hal tentang Tizen OS
Tizen OS

Nah setelah sedikit melihat gambar tampilan dari Tizen OS diatas, berikutnya adalah perbedaan Tizen OS dengan Android OS. Sebetulnya kedua sistem operasi ini memiliki kemiripan dalam hal tampilan antarmukanya, mulai dari peletakan menu, panel notifikasi hingga beberapa aplikasi bawaannya. Apalagi Tizen OS juga dapat menginstall aplikasi-aplikasi Android, jadi semakin mirip kan!. Tizen OS saya rasa lebih mirip dengan TouchWiz yang sudah dirubah menjadi sistem operasi. Tambah bingung ya?, saya juga..hehe
Dari pada bingung berikut ini adalah gambar perbedaan dari Tizen OS, TouchWiz UI, dan Android OS yang saya dapatkan dari situs arstechnica.com, silahkan dilihat sendiri perbedaannya.

Segala hal tentang Tizen OS
Antarmuka Home Screen yang hampir sama persis


Segala hal tentang Tizen OS
Kalkulator yang begitu mirip diantara ketiganya


Segala hal tentang Tizen OS
Tizen terlihat lebih simpel 

Oke, balik lagi kemasalah aplikasinya, memang sih Tizen OS bisa menginstal aplikasi-aplikasi dari Android, tetapi ingat tidak semua aplikasi Android dapat diinstal di sistem operasi Tizen lho. Nah lo, ini dia beberapa aplikasi populer yang saat ini belum bisa dinikmati oleh pengguna smartphone dengan sistem operasi Tizen.

Blackberry Massanger (BBM)

Nah, aplikasi yang berfungsi sebagai pengirim pesan instan kesesama pengguna smartphone ini masih belum bisa dipasang di Tizen OS lho. Tapi saya rasa jika pengguna Tizen OS semakin meningkat bukan tidak mungkin aplikasi populer ini bakalan bisa dipasang di smartphone yang menggunakan sistem operasi Tizen.

Google Chrome

Berikutnya adalah aplikasi web browser yang banyak digunakan di OS Android, yaitu Google Chrome. Aplikasi web browser yang memiliki tampilan minimalis serta dukungan akses internet yang cepat ini, saat ini masih belum bisa dipasang di smartphone yang bersistem operasi Tizen. Sama halnya dengan BBM saya rasa aplikasi ini juga bakalan masuk ke Tizen jika penggunanya semakin meningkat.

Line

Selanjutnya adalah aplikasi pengirim pesan instan kesesama pengguna smartphone yang memiliki stiker-stiker lucu yang dapat dikirimkan kesesama penggunanya. Lagi-lagi aplikasi Line ini juga masih belum bisa diinstall di Tizen OS.

Sebetulnya masih ada beberapa aplikasi populer yang lainnya yang masih belum bisa dipasang di sistem operasi Tizen, tetapi tetap saja saya rasa semua aplikasi tersebut bakal bisa dipasang di Tizen jika penggunanya semakin meningkat.

Ya, harap maklum namanya juga sistem operasi baru yang bakalan berperang dengan berbagai macam sistem operasi yang ada. Seiring berjalananya waktu dan meningkatnya pengguna, setiap sistem operasi akan dilakukan perbaikan dan penambahan aplikasi-aplikasinya.

Sudahlah saya juga masih mencari-cari tahu mengenai sistem operasi buatan Samsung ini, yuk silahkan sharing saja dikolom komentar apabila ada kelebihan, kekurangan, dan lain sebagainya mengenai Tizen OS.

Terima kasih :)


Slahkan komentar ya gan/sis ! :)
EmoticonEmoticon