09 October 2016

Menonaktifkan Update Aplikasi Otomatis Di Google Play

Hai pembaca sekalian gimana kabarnya hari ini?, semoga sehat selalu ya.

Pengguna android pasti tak asing dengan aplikasi bawaan disetiap smartphone bersistem operasi android yang biasa digunakan untuk menambah atau mengunduh beragam aplikasi didalamnya. Udah tau kan aplikasi apa namanya?, betul sekali "Google Play" namanya. 

Aplikasi yang tersedia di Google Play saat ini jumlahnya sudah sangat banyak yang jelas saya belum tahu jumlah pastinya berapa. Berbagai macam aplikasi yang ada di Google Play memiliki fungsi yang bermacam-macam, mulai dari sekedar untuk hiburan, media belajar, bahkan ada juga yang bisa dimanfaatkan layaknya sebagai asisten pribadi, pokoknya banyak sekali fungsi dan manfaatnya.

Nah, biasanya ketika akan menggunakan Google Play si pengguna harus memasukkan akun gmailnya, setelah itu baru bisa mengunduh beragam aplikasi. O iya aplikasi yang ada di Google Play ada yang berbayar dan ada banyak yang gratis.

Selain digunakan untuk mengunduh aplikasi, Google Play juga bisa digunakan untuk mengatur aplikasi-aplikasi yang telah dipasang sebelumnya, seperti melakukan update aplikasi maupun menghapus aplikasi. Biasanya untuk pengaturan default-nya aplikasi yang mendapatkan jatah update akan melakukan update secara otomatis tanpa ada pemberitahuan.

Update aplikasi secara otomatis memang sangat membantu bagi pengguna yang nggak sempat mengutak-atik smartphonenya. Tetapi cukup mengganggu bagi sebagian orang yang suka bermain game dan suka mengotak-atik smartphonenya, kan jadi keganggu waktu main game eh malah ada update. Tapi tenang jangan khawatir fitur update otomatis ini bisa dinonaktifkan kok.

Menonaktifkan Update Aplikasi Secara Otomatis di Google Play

  1. Pertama buka aplikasi Google Play kemudian sentuh icon option (tiga garis) yang berada disebelah kiri kotak pencarian Google Play. Sentuh dan pilih Settings (Setelan).
  2. Didalam Settings (Setelan) sentuh tulisan Auto-Update apps (Perbarui aplikasi secara otomatis).
  3. Setelah itu akan muncul 3 pilihan, mulai dari Do not auto-update apps (Jangan perbarui aplikasi secara otomatis), Auto-update apps at anytime. Data charges may apply (Perbarui secara otomatis kapan saja. Mungkin dikenakan biaya data), dan Auto-update apps over Wi-Fi only (Perbarui aplikasi secara otomatis hanya melalui Wi-Fi). Jika ingin menonaktifkan pilih pilihan yang pertama (Do not auto-update apps). Selain menonaktifkan, ada juga pilihan yang dapat mengupdate aplikasi secara otomatis jika smartphone terhubung dengan koneksi Wi-Fi (Auto-update apps over Wi-Fi only). 
Menonaktifkan Update Aplikasi Otomatis Di Google Play
Menonaktifkan Update Aplikasi Otomatis
Setelah berhasil menonaktifkan fitur auto-update apps, hal berikutnya yang harus diketahui pengguna smartphone  adalah cara mengupdate aplikasi secara manual. Sebenarnya tidak melakukan update aplikasi  juga nggak masalah sih, tapi ya aplikasi itu nggak ada perkembangannya dan tentunya belum ada perbaikan dari pengembangnya.

Cara Melakukan Update Aplikasi di Google Play Secara Manual

  1. Pertama buka aplikasi Google Play kemudian sentuh icon option (tiga garis) yang berada disebelah kiri kotak pencarian Google Play. Kemudian sentuh My Apps & game (Aplikasi & game saya).
  2. Didalam menu My Apps terdapat beberapa aplikasi yang sudah dipasang di smartphone.
  3. Aplikasi yang dapat diupdate adalah aplikasi yang terdapat didalam daftar Updates (Pembaruan). Sementara yang sudah mendapatkan update terbaru masuk kedalam daftar Up to date (Terbaru).
Menonaktifkan Update Aplikasi Otomatis Di Google Play
Manual Update
Cara melakukan Update juga cukup mudah, tinggal pilih aplikasi mana yang akan di update dan kemudian tekan Update (Perbarui).

Menonaktifkan Update Aplikasi Otomatis Di Google Play
Perbarui

Mudah bukan?, ya sudahlah mungkin hanya tips sederhana diatas yang bisa saya bagikan kali ini, terima kasih. :)


Slahkan komentar ya gan/sis ! :)
EmoticonEmoticon