19 February 2016

Prototipe Smartphone Dengan Layar Lentur

Tags

Smartphone memang sudah banyak sekali model dan jenisnya, mulai dari smartphone yang penuh dengan tombol qwerty hingga smartphone yang tidak dibekali dengan tombol sama sekali dibagian depannya. Namun, berkat kepopuleran sistem operasi Android yang kian banyak digunakan di berbagai smartphone yang salah satu persyaratannya adalah harus menggunakan layar sentuh maka kepopuleran layar sentuh juga kian meningkat. Teknologi layar sentuh untuk smartphone pun juga bermacam-macam, mulai dari resistive touchscreen, capacitive touchscreen, dan berbagai teknologi layar sentuh lainya.
Baca juga: Perbedaan layar sentuh resistive dan capacitive
Oke, setelah ngomongin masalah teknologinya, layar sentuh juga memiliki desain dan bentuk yang bermacam-macam lo GRers!, mulai dari ukuran kecil yang biasa digunakan untuk smartwatch hingga ukuran sangat besar yang biasa digunakan pada tablet. Kemudian dari segi bentuknya, dimulai dari bentuk layar datar, layar berbentuk lingkaran hingga layar sentuh tanpa adanya bezzer samping seperti halnya yang digunakan pada gadget Samsung dengan julukan Edge.

Kalau membicarakan teknologi layar yang digunakan pada smartphone kali ini GR akan memberi sedikit bocoran bahwa ada salah satu prototipe layar smartphone yang didesain dengan bentuk yang fleksibel atau lentur. The ReFlex, itulah nama dari prototipe yang bakalan memiliki desain lentur tersebut. Perlu GRers ketahui nih, bahwa di Youtube banyak sekali  beredar desain-desain smartphone masa depan yang menggunakan layar yang bersifat elastis tersebut, ya mungkin ini adalah awal dari perkembangan smartphone dengan layar elastis tersebut.

The ReFlex

The ReFlex yang dikembangkan oleh Queen University ini mengadopsi layar OLED sebesar 6 inchi dengan resolusi 720 x 1280 yang dilengkapi dengan Bend sensor milik LG, dan menggunakan sistem operasi android 4.4. Lantas untuk apa kegunaan layar lentur pada smartphone ini? GRers musti tahu nih hal ini, manfaat dari penggunaan layar elastis ini sebenarnya cukup banyak dan intinya adalah untuk mempermudah navigasi layar, sebagai contoh kalau GRers ingin membuka e-book GRers tidak lagi menyentuh untuk memindah halamannya, cukup dengan menekuk layarnya maka ebook akan berganti kehalaman berikutnya (mirip dengan membuka buku konfensional) dan masih banyak hal-hal lain yang dapat dimanfaatkan dari teknologi terbaru ini.

Nah dari pada semakin penasaran berikut ini GR sajikan videonya.



6 komentar

boleh juga smartphonennya kalau nantinya diproduksi massal. Fleksibel.

iya ni mas...semakin maju aja sekarang teknologi layar ponsel.. :)

kereeen, kemungkinan layar pecah atau rusak juga pasti lebih sedikit. orang lentur begitu hihihi

Keren ya bisa lengkung gitu, btw, sudah ada loh smartphone yang lengkung hehe

haha iya mbak...tpi lenturnya masih kaku #eh :D

iya memang sudah ada banyak smartphone layar lengkung yang beredar dipasaran tetapi untuk layar 'lentur' kayaknya belum ada mbak di pasaran.. :)

Slahkan komentar ya gan/sis ! :)
EmoticonEmoticon