18 January 2016

Tips Dan Trik Android 6.0 Marshmallow | Fitur Tersembunyi Android Marshmallow

Android Marshmallow Mascot
Android 6.0 atau Android Marshmallow adalah OS Besutan Google sebagai penerus dari Android Lollipop. Android Marshmallow memiliki beberapa fitur baru dan juga perbaikan bug dari versi sebelumnya. Tetapi meskipun memiliki banyak fitur baru, fitur-fitur baru tersebut masih tersembunyi dibalik pengaturan OS ini dan tidak mudah diketahui oleh penggunanya. Berikut ini adalah beberapa tips
dan trik mengenai Android 6.0 ini.



Google Now on Tap

Android Marshmallow Google Now on Tap

Fitur ini merupakan salah satu fitur unggulan dari Android Marshmallow ini. Fitur ini menawarkan kepada pengguna Android Marshmallow untuk mengetahui segala informasi smartphonenya secara cepat tanpa menutup aplikasi dan tanpa perlu mengcopy pastekan sesuatu yang ingin dicari informasinya. Jika fitur ini diaktifkan maka kita bisa mencari informasi apapun dengan sangat mudah. Hanya dengan menyeleksi teks atau kata dan menekan tombol "Home" agak lama. Untuk mengaktifkan fitur ini caranya cukup mudah tinggal masuk ke Google Now > Settings > Now cards dan kamu tinggal mengaktifkan fitur "Now on Tap".

Mengatur Izin Akses Tiap Aplikasi 

Android Marshmallow App Permissions

Izin akses untuk aplikasi (App Permissions) merupakan salah satu fitur unggulan yang lain Android Marshmallow. Pada fitur ini pengguna dapat mengatur izin akses tiap-tiap aplikasi. untuk mengakses izin akses aplikasi (App Permissions) caranya masuk ke Settings > Apps dan sentuh aplikasi mana yang ingin kamu batasi aksesnya untuk membuka file kamu. Selain itu kamu juga bisa melihat daftar aplikasi yang ingin kamu izinkan atau tidak aksesnya. Caranya masuk ke Settings > Apps , kemudian sentuh Menu (tiga garis dipojok kanan atas) kemudian pilih Advanced App Permissions.

Permainan Bawaan Android Marshmallow

Android Marshmallow Easter egg

Seperti halnya versi Android Lollipop sebelumnya yang memiliki permainan Lollipop Easter Egg, Marshmallow Easter Egg adalah permainan menyerupai burung yang sedang terbang tetapi tidak menggunakan burung melainkan ikon dari Android. Pada kali ini Google sudah menambahkan fitur Multiplayer. Untuk memainkan permainan bawaan ini masuk kedalam Settings > About Phone kemudian sentuh beberapa kali hingga muncul logo Android Marshmallow (M) ditengah layar. Setelah itu sentuh logo tersebut hingga berubah menjadi Marshmallow yang tertancap pada tongkat. Kemudian tekan dan tahan Marshmallow tersebut hingga permainan muncul.

Mengaktifkan System-UI Tuner

Android Marshmallow System UI Tuner

System-UI Tuner merupakan fitur tersembunyi yang terdapat pada Android 6.0, fitur ini memungkinkan penggunanya untuk mengatur shortcut yang terdapat pada stastus bar. Selain itu pada fitur ini kamu juga dapat mengaktifkan mode "Demo" layaknya seperti Android Marshmallow yang baru dibeli.

Untuk mengaktifkan System-UI Tuner, cukup mudah pertama geser status bar / panel pemberitahuan kemudian sentuh dan tahan ikon "roda gigi" yang terdapat di bagian atas panel disamping indikator baterai hingga berputar dan muncul pesan pop-up "Congrats! System UI Tuner has been added to Settings".

Menampilkan Persentase Baterai di Status Bar

Android Marshmallow battery persentage

Android Lollipop memperbolehkanmu untuk merubah indikator baterai menjadi persentase atau menambahkan persentase tersebut disamping indikator tetapi dengan menggunakan aplikasi dari pihak ke-3. Dengan menggunakan Android Marshmallow kamu tidak lagi membutuhkan aplikasi dari pihak ke-3 untuk merubahnya. Caranya cukup mudah yakni dengan mengaktifkan fitur System-UI Tuner kemudian jika sudah buka fitur tersebut di ikon "roda gigi" kemudian System UI Tuner dan centang tulisan "Show Embedded Battery Percentage" untuk mengaktifkannya.

Mengeluarkan Beberapa Aplikasi Saat Doze Mode

Doze Mode merupakan fitur baru yang ada di Android Marshmallow, fitur ini didesain untuk menghemat penggunaan baterai dengan cara menonaktifkan smartphone menjadi mode tidur. Fitur ini sebenarnya sudah aktif secara otomatis, jadi kamu tidak bisa untuk menentukannya kapan akan menyala dan kapan akan mati. Tetapi kamu bisa mengatur beberapa aplikasi yang ingin kamu berhentikan ketika mode Doze ini aktif.

Caranya cukup mudah, buka  Settings > Battery kemudian sentuh menu (tiga titik ) yang terdapat dipojok kanan atas kemudian sentuh Battery optimization sentuh tanda panah kebawah kemudian sentuh All Apps dari menu yang tampil. Sekarang kamu bisa memilih aplikasi mana yang tidak ingin kamu berhentikan ketika Doze Mode.

Menonaktifkan Notification Peeking

Android Marshmallow Notification Peeking

Android Marshmallow mengenalkan fitur baru dalam hal pemberitahuan yakni "heads-up notifications" atau disebut juga "Peeking". Fungsinya adalah untuk menampilkan pemberitahuan pada status bar yang dapat di scroll. Fitur ini memberitahukan dengan cara pop up diatas layar Android Marshmallowmu.

Secara default fitur ini sudah aktif di Android Marshmallow, tetapi jika fitur ini dirasa menggangu kamu dapat menonaktifkannya untuk tiap aplikasi. caranya buka Settings > Sound & notification > App notification pilih aplikasi mana yang ingin kamu nonaktifkan fitur ini kemudian matikan "Allow peeking" .

Menhapus (Uninstall) Aplikasi dari Home Screen atau App Drawer

Android Marshmallow memungkinkan penggunanya untuk menhapus atau meng-uninstall aplikasi secara langsung dari home screen atau app drawer. caranya cukup mudah hanya sentuh agak lama ikon aplikasi yang ingin kamu hapus kemudian geser aplikasi tersebut ke tulisan "Remove" atau "Uninstall" yang terdapat dibagian atas layar.

sumber: androidtipsz.com

Slahkan komentar ya gan/sis ! :)
EmoticonEmoticon