30 January 2016

Pendeteksi Iris Mata Pada Ponsel, Untuk Apa?

Tags

GRers pasti tahu kan panca indra manusia itu apa saja?. Ya, benar sekali mata, hidung, kulit (peraba), telinga, lidah (perasa). Salah satu dari kelima bagian tubuh tersebut adalah mata, yang merupakan salah satu panca indra yang dapat digunakan untuk melihat. Dengan mata kamu bisa memvisualisasikan isi dunia ini, mulai dari melihat keindahan ciptaan tuhan, hingga melihat gadget yang biasa kamu gunakan.

Pendeteksi Iris

Namun tahukah kamu mata juga dapat digunakan untuk alat pengaman. Iris, merupakan salah satu bagian mata yang dapat digunakan untuk hal tersebut. Bagaimana bisa Iris digunakan sebagai alat pengaman?, pada dasarnya iris memiliki karakteristik yang mirip dengan sidik jari dimana setiap orang memiliki perbedaan, bahkan manusia yang kembar identik pun memiliki sidik jari dan iris yang berbeda. 

Mungkin GRers tahu tentang pengaman menggunakan sidik jari pada peralatan elektronik masa kini?, memang popularitas dari pengamanan menggunakan sidik jari sangat tinggi, buktinya hampir disetiap kantor-kantor absensi sekarang tidak lagi harus membubuhkan tanda tangan melainkan cukup menempelkan salah satu jari pada pendeteksi sidik jari. Selain diperkantoran kini penggunaan pendeteksi sidik jari juga sudah digunakan untuk gadget berteknologi tinggi. Pendeteksi sidik jari tersebut dapat digunakan untuk berbagai aktifitas yang menyangkut keamanan data pribadi, mulai dari mengunci layar gadget hingga untuk melakukan transaksi melalui gadget.

Saat ini selain dengan menggunakan pendeteksi sidik jari banyak juga produsen gadget mulai merambah penggunaan iris mata sebagai alat pengaman.

Latar Belakang

Latar belakang penggunaan iris mata adalah keinginan manusia untuk membuat alat pengamanan yang lebih mudah dibandingkan dengan alat pengaman yang sudah ada, selain mudah, alat pengaman tersebut juga harus benar-benar aman atau tidak mudah untuk ditembus.

Lumia 950



Sebenarnya sudah banyak gadget yang memanfaatkan pendeteksi iris, seperti Lumia 950, 950 XL, dan Vivo X5Pro, namun seperti yang sudah disampaikan diatas popularitas dari pendeteksi iris ini belum terlalu besar layaknya pendeteksi sidik jari. Banyak orang yang masih awam dalam penggunaannya.


Vivo X5pro

Cara Kerja Pendeteksi Iris

Sejauh ini smartphone yang menggunakan pendeteksi iris memiliki 2 tipe yang berbeda, yang pertama pendeteksi iris yang memanfaatkan infra merah yang disematkan dengan kamera depan, cara penggunaannya hampir mirip ketika kamu melakukan selfi yakni cukup melihat layar. Infra merah yang digunakan tidak dapat terlihat dengan mata di smartphone karena hanya berupa titik merah yang tidak terlalu jelas. Penggunaannya cukup mudah dimuali dengan memasukkan PIN kemudian Infra merah akan mendeteksi iris mata. Fungsi dari PIN yang dimasukkan tadi adalah apabila kamu tidak dapat mengakses smartphonemu dengan memindai iris mata kamu bisa menggunakan PIN tersebut.

Vivo X5pro iris scanner


Jenis kedua dari pendeteksi iris mata berikutnya adalah dengan cara mendeteksi aliran darah yang berada di Sclera (dibagian putih dari mata).

Berdasarkan berita yang beredar Samsung Galaxy S7 akan dibekali dengan fitur keamanan yang memanfaatkan iris mata.

Mungkin hanya ini yang dapat GR bagikan mengenai pendeteksi iris mata pada ponsel.
Terima Kasih

Slahkan komentar ya gan/sis ! :)
EmoticonEmoticon