18 January 2016

5 Cara Mudah Meningkatkan Kinerja Android

Kinerja Android menurun

Pada postingan kali ini Gatget Rois ingin berbagi sedikit tips untuk pengguna Android yang memiliki permasalahan dengan kinerja androidnya. Ada sebagian atau bahkan banyak orang yang memiliki android yang semakin hari semakin melemah kinerjanya, sebagai contoh digunakan untuk membuka galeri harus menunggu loading yang cukup lama.

Ada banyak penyebab yang bisa mengakibatkan kinerja android bisa menurun, dan faktor yang paling sering adalah jumlah aplikasi yang berjalan secara Background (Multitasking), virus dan masih banyak hal lainnya.

Oleh karena itu postingan GR kali ini akan membahas menganai hal-hal apa saja yang bisa diterapkan dengan mudah untuk meninggkatkan kinerja androidmu.

1. Matikan fitur Live Wallpaper


Live wallpaper

Meskipun fitur Live Wallpaper dapat menampilkan wallpaper yang menarik dibandingkan wallpaper biasa, perlu diketahui pula bahwa fitur ini memakan banyak tenaga untuk menjalankan animasinya. Jadi gunakan saja wallpaper agar androidmu menjadi lebih ringan.

2. Hapus Widget yang tidak terpakai
Widget pada layar utama android memang sangat bermanfaat untuk mempercepat akses ke suatu aplikasi, tetapi jika widget tersebut tidak pernah atau bahkan tidak bermanfaat untukmu lebih baik dihapus saja untuk meringankan kinerja OS tersebut.

Widget


3. Jangan Gunakan Tombol Home Ketika Menutup Aplikasi

Tutup aplikasi dengan benar

Memang aplikasi seolah-olah tertutup dengan menggunakan tombol Home, tetapi kemungkinan besar aplikasi tersebut masih berjalan secara background dan memakan RAM yang cukup besar. Untuk menutup aplikasi secara penuh kamu dapat menggunakan aplikasi Task Manager yang dapat diakses dengan menekan dan menahan tombol home (Samsung) atau dengan cara menyentuh tombol multitasking (Asus, Sony, dll) untuk menutup aplikasi yang berjalan secara background dengan cara menggeser ke kanan atau ke kiri layar.

4. Pindahkan Aplikasi Ke Memori Eksternal

Pindah aplikasi ke SD card

Ada aplikasi tertentu yang menggunakan data yang cukup besar dan data tersebut tersimpan didalam memori internal yang kapasitasnya terbatas. Sama halnya dengan komputer jika terlalu banyak data yang berada di systemnya maka komputer tersebut akan lemot. Oleh karena itu pindahkan aplikasi-aplikasi dalam androidmu ke memori eksternal. Namun ingat tidak semua aplikasi dapat dipindahkan ke memori eksternal.

5. Factory Reset (Kembali Ke Pengaturan Pabrik)

factory reset

Jika ke 4 cara diatas masih dirasa kurang memberikan perubahan terhadap kinerja androidmu, kamu dapat menggunakan cara ini untuk mereset atau memprogram ulang androidmu, dan cara ini pasti menjamin kinerja androidmu  menjadi layaknya android yang baru dibeli. Namun perlu diketahui jika kamu melakukan hal ini pada androidmu otomatis aplikasi dan seluruh data kontak yang tersimpan didalam memori telepon akan terhapus dan saya sarankan sebelum mereset ada baiknya melakukan backup data terlebih dahulu. Untuk melakukan Factory Reset buka Settings > Backup and Reset > Factory Reset.

Mungkin saat ini hanya 5 hal diatas yang bisa GR bagikan.
Terima Kasih telah membaca di blog GR.

Slahkan komentar ya gan/sis ! :)
EmoticonEmoticon