20 January 2016

2 Cara Unroot Android Termudah

Unroot Android
Rooting (root), adalah suatu cara yang bisa kamu lakukan untuk dapat mengakses atau memodifikasi seluruh sistem Androidmu. Tetapi jika sudah melakukan root jangan harap kamu bisa mendapatkan garansi resmi dari pihak produsen smartphonemu. Selain garansi smartphone yang sudah tidak berlaku, android yang sudah di-root biasanya lebih mudah terserang virus atau malware yang berasal dari internet.

Bagi kamu yang memiliki Android dengan status rooted tetapi ingin mengembalikan kembali Androidmu menjadi unrooted caranya cukup mudah. Dan kali ini GR akan membagikan 2 cara mudah untuk melakukan unroot Androidmu.

Pertama kali sebelum melakukan unroot pastikan terlebih dahulu
  • Smartphone Androidmu sudah di backup data-datanya
  • Cas (Charge) Androidmu dan persentase baterainya lebih dari 50%
Jika sudah melakukan dan memastikan hal diatas selanjutnya kamu bisa melakukan proses unroot berikut ini.

Unroot menggunakan aplikasi superSU

SuperSU
Cara ini dapat digunakan untuk seluruh smartphone android yang pada saat kamu melakukan root tidak menggunakan Custom Recovery. Berikut ini adalah langkah-langkah unroot menggunakan aplikasi superSU

1. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memasang / menginstall aplikasi superSU, aplikasi ini dapat kamu peroleh dari Play Store.

2. Setelah terpasang buka aplikasi tersebut dan masuk kedalam Settings.

3. Setelah masuk Settings cari menu Full unroot dan sentuh.

full unroot


4. Setelah menyentuh Full unroot kamu harus mengkonfirmasinya bahwa kamu ingin melakukan unroot terhadap androidmu, dan setelah berhasil aplikasi superSU akan keluar secara otomatis.

5. Setelah itu Restart smartphonemu.

6. Terakhir uninstall aplikasi superSU tadi, dan sekarang Androidmu berstatus unroot.



Baca juga: 5 CARA MUDAH MENINGKATKAN KINERJA ANDROID

Unroot menggunakan aplikasi file explorer

ES file explorer
Jika cara unroot dengan aplikasi superSU belum mendapatkan hasil, kamu bisa menggunakan cara kedua ini yakni dengan menggunakan file explorer. File explorer ini bukanlah aplikasi bawaan langsung dari smartphonemu melainkan menggunakan file explorer dari pihak ketiga, sebagai contoh kamu bisa menggunakan ES File Explorer, Root Explorer, dan sebagainya. Tetapi untuk kali ini GR menggunakan aplikasi ES File Explorer. Caranya cukup mudah,


1. Sama dengan cara sebelumnya, pertama kali kamu harus memasang / menginstal aplikasi file explorer dan sebagai contohnya GR menginstal ES File Explorer. Jangan meletakan atau memindah aplikasi ini ke memori eksternal.

2.
Buka aplikasi ES File Explorer, dan sentuh menu.

3. Kemudian sentuh Tools > Root Explorer dan aktifkan "on".



root explorer -->> on


4. Setelah itu aplikasi Superuser secara otomatis akan meminta persetujuan akses untuk mengakses data root di Androidmu, Setujui permintaan dari Superuser tersebut dengan menyentuh Allow.

5. Setelah itu balik ke menu utama dari aplikasi ES File Explorer dan masuk kedalam folder "/" atau folder paling dasar, caranya dengan menyentuh "/" yang terdapat di pojok atas.

6. Masuk kedalam folder system > bin kemudian cari file yang bernama busybox dan su, kemudian hapus kedua file tersebut. Apabila kedua file tersebut tidak ada di folder bin maka kamu bisa mencarinya di folder system kemudian buka folder xbin kemudian hapus file busybox dan su jika ditemukan.



halaman awal ES file explorer


7. Setelah berhasil menghapus file busybox dan su selanjutnya cari superuser.apk yang berada di folder system > app, jika sudah ditemukan hapus file tersebut.

8. Langkah selanjutnya adalah merestart smartphonemu, dan kini smartphone androidmu sudah unroot.

mungkin hanya itu yang GR bisa bagikan mengenai cara unrood android termudah.
Terima kasih.

sumber androidtipsz.com

Slahkan komentar ya gan/sis ! :)
EmoticonEmoticon